Rabu, 25 Juni 2014

Bukan Lagi Anjungan Tunai Mandiri

              
sumber : foto pribadi

sumber : foto pribadi
              Beberapa kali mampir ke ATM di SPBU Jalan Kartini Depok selalu saja saya dapati pemandangan kotor di dalam ruang kecil itu. Sampah berserakan dan tidak dibuang pada tempatnya. Memang, di dalam ruang tempat ATM berada tidak ada tempat sampah. Kecuali tempat kecil di mesin ATM sendiri yang memang berfungsi untuk tempat sampah. Namun, masih di kitaran SPBU, disediakan tempat sampah. Apa susahnya membawa selembar kertas kecil lalu membuangnya ke tempat sampah. Terutama jika tempat kecil di mesin ATM tadi sudah penuh sampah.

                ATM bukan lagi Anjungan Tunai Mandiri. ATM berubah jadi tempat sampah. Selain kertas bukti transaksi yang sudah dianggap tidak penting dibuang di sana, juga ditemukan sampah lainnya. Bungkus permen dan makanan ringan juga turut memperparah keadaan. Brosur-brosur kecil atau tisu yang sudah kotor. Susahkah mengantongi sebentar dalam plastik dan menyimpannya dalam tas sampai bertemu tempat sampah?

                Sungguh kasihan petugas kebersihan di SPBU itu. Tiap hari harus menyapu sampah yang ada di ATM. Kesadaran pengguna ATM tentang sampah masih lemah. Padahal jika diteliti, mereka orang-orang yang ke ATM bukanlah orang yang bodoh. Bukan orang yang tak tahu apa-apa. Namun, fakta berkata sebaliknya. Bahkan, dimana harus buang sampah pun tidak tahu.

                Apa yang salah? Siapa yang salah? Masalah sampah tidak hanya terjadi di ruang kecil ATM. Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya masih menjadi kebiasaan segelintir orang. Budaya membaca juga jarang dijadikan sarana untuk berbuat semestinya. Sudah jelas terpampang tulisan “Buanglah sampah pada tempatnya!” namun masih saja melempar sampah di sembarang tempat.

                Apakah keteladanan harus tetap dituntut ada untuk hal seperti ini? Akankah sangsi hukum juga harus ditegakkan lagi setegas-tegasnya bagi pembuang sampah sembarangan? Atau kesadaran pribadi masing-masing individu yang harus dilecutkan kembali? Membuang sampah sembarangan adalah masalah klasik yang memang harus segera diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar