Sabtu, 14 September 2013

Dapat THR Bawang Merah

Aku sudah siap-siap pulang kampung jelang lebaran 2011 meski tinggal beberapa hari. Aku bersihkan kulkas dan sebisa mungkin tidak ada bumbu dapur apa pun yang tersisa hingga akhirnya busuk selama aku tinggal pulang kampung.
Tapi, tiba-tiba sore itu suami pulang membawa sesuatu sekantong plastik besar. Sambil senyum-senyum suami berkata,”Jangan kaget ya, ini THR ayah dari kantor!”
Bayanganku langsung tertuju pada sebotol sirup, minyak goreng 1 liter, sekaleng biskuit merk terkenal, dan bla-bla-bla. Asyik, lumayan untuk persediaan. Dan ternyata setelah saya buka, kaget yang saya rasakan.
“Kok?”
“Iya, itu hasil panen bawang merah dari daerah Brebes. Harga lagi turun, trus dibeli sama Pak Menteri,” jelas suami.
“Kok dikasihkan ke ayah?”
“Iya, katanya ini THR nya untuk lebaran.”
THR? Aku geleng-geleng kepala. Kalau diberi bawang merah begini banyaknya, kapan habisnya? Apalagi ini mau pulang kampung, bakal busuk ketika balik lagi ke Depok.
Aku tatap kembali bawang merah itu. Masih ada daun dan tangkainya ditambah tanah coklat yang menempel di sekujur tubuh bawang merah. Kotor.
“Kasihkan saja ke tetangga, cukup itu untuk 6 keluarga,” imbau suami.
“Iya ini mau dikasihkan, tapi kok yo kotor gini. Bersihinnya itu lho yang males!”
Tapi, bagaimana lagi. Nasib bawang merah harus segera diselamatkan. Baiklah! Aku pun akhirnya membersihkan bawang merah yang banyak itu lalu kubagi ke 6 tetangga.
THR saat itu tak bisa kunikmati secara fisik, tapi kunikmati secara psikis. Tetangga-tetangga senang sekali menerima bawang merah dari THR suamiku.

"Mana matanya Dik?" Hiks, asyiknya membuat mata, hidung, dan mulut dari bawang merah untuk mngenalkan anggota tubuh ke anak.

Tulisan ini diikutkan dalam "Give Away Aku dan Pohon".

Sekilas tentang bawang merah:
Bawang merah, atau nama ilmiahnya Allium Cepa, memang selalu hadir di keseharian hidup manusi di dunia. Memasak tanpa bawang merah rasanya kurang lengkap dan hambar. Bisa diuleg, diiris ketika digunakan untuk menambah aroma masakan. Terkadang juga sering kita jumpai bawang merah dalam keadaan diiris halus dan digoreng. Bawang merah goreng. Dicemplungkan ke sayur sop, enak rasanya.
Yang biasa digunakan sebagai bumbu masak biasanya bagian umbinya, namun beberapa kuliner bisa juga menggunakan daun dan tangkai bunganya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah)

1 komentar: