Rabu, 15 Oktober 2014

Melihat Perkembangan Kota untuk Mengembangkan Bisnis


                Jakarta. Bisnis apa saja sepertinya akan sukses di Jakarta. Beberapa perusahaan besar juga muncul di kota ini. Bagaimana dengan Bondowoso? Bisnis apa yang sukses di sana? Selintas nampak bahwa kalau kota besar apalagi ibukota akan mudah sesorang mencapai kesuksesan bisnisnya, sedangkan kota kecil, tidak! Apakah benar demikian?

                Berkembangnya bisnis memang sangat tergantung kondisi wilayah dimana bisnis itu dibangun. Namun, bukan tergantung besar kecilnya kota, melainkan pada bagaimana kota itu berkembang. Hal ini bisa dilihat bagaimana perkembangan kota itu 10 tahun yang lalu dan 10 tahun ke depan. Kota yang berkembang bisa dilihat dari industri apa sajakah yang sudah ada di sana. Apakah merupakan industri yang diminati masyarakat? Kota yang berkembang juga bisa diamati dari kondisi pertransportasian di sana. Bagaimana mungkin bisnis akan melejit di sana jika transportasi di kota tersebut sulit?

                Perkembangan kota juga bisa dilihat bagaimana kondisi bisnis perhotelan di sana. Jika hotel menjamur dan banyak dikunjungi orang, maka bisnis lain bisa digiatkan di sana. HYPERNET juga melihat perihal ini mengingat sekarang banyak hotel menyediakan fasilitas wifi untuk konsumennya.

                Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan Sudianto Oei, CEO HYPERNET ketika membuka cabang baru perusahaannya selain di Jakarta.  Tak semudah dibayangkan. Survey perkembangan wilayah ini harus menjadi hal yang patut dipikirkan. Tidak bisa dielakkan begitu saja. Bisnis bukanlah kegiatan asal-asalan. Bisnis harus penuh perencanaan.

                Meskipun HYPERNET sudah punya nama di hati masyarakat, Sudianto Oei tetap melakukan cek dan ricek soal perkembangan kota yang akan dijadikan cabang baru bisnisnya. Melalui proses yang panjang, akhirnya HYPERNET bisa meluaskan bisnisnya di Bandung, Surabaya, Cirebon, Lampung, Denpasar, dan kota lainnya di seluruh Indonesia.


                Ingin mengembangkan bisnis lebih luas lagi? Ingat, data perkembangan kota sangatlah berarti. 

1 komentar:

  1. Betul Mba..data diperlukan dlm mengembangkan bisnis..tks artikelnya yaa.

    BalasHapus