Selasa, 24 Maret 2015

Merawat Kipas Angin Agar Awet


Ini pengalaman saya ya.. maaf jika berbeda dengan pengalaman Anda..

                Jengkel terasa bila saatnya gerah tiba-tiba kipas angin tak mau nyala. Awalnya lancar dan tak ada halangan. Lama-lama ketika dinyalakan, lama tak mau berputar baling-balingnya, lantas berputar dengan sendirinya. Selanjutnya, sama sekali meski sudah dinyalakan kipas angin tak menyala. Kipas-kipas pakai kertas deh!

                Menyalakan kipas angin memang tidak tiap hari. Namun, ada kalanya kebutuhan terhadap kipas angin tak bisa dihindari. Menjaga dan merawatnya tentu saja harus dilakukan. Terutama membersihkan kotoran yang menempel di baling-balingnya. Dibukalah penutup kipas angin yang seperti ruji-ruji itu lalu dilap bersih baling-balingnya. Lalu, dipasang lagi. Eh,pas dinyalakan kasusnya selalu seperti cerita tadi. Nyala lancar,lalu sempat ngadat, dan lama-lama tak bisa berputar sama sekali. Beberapa kali setiap beli kipas angin selalu begitu.

                Sadar menghabiskan uang, akhirnya mencoba merawat kipas angin dengan cara yang lain. Kali ini ketika memasang kipas angin waktu pertama kali beli, disengaja tidak menutup bagian depan kipas angin dengan bingkainya yang seperti ruji-ruji itu. Ketika kotor baling-balingnya bisa dengan mudah mengelapnya dengan tisu. Dan tak perlu repot memasangnya lagi.

                Hasilnya? Ternyata kipas angin malah awet, meski baling-baling dibersihkan berkali-kali. Entah apa penyebabnya, tapi ketika gerah dan panas melanda tak ada kekhawatiran macet di tengah jalan. Memang, akan cepat kotor baling-balingnya karena tak ada filter dari bingkainya itu, namun membersihkannya juga hanya sebentar saja.

                Di saat tertentu keberadaan kipas angin memang dibutuhkan. Memastikan baling-balingnya lancar berputar memang harus dilakukan. Membuatnya lebih awet dengan cara merawat yang jitu akan membuat isi dompet tetap aman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar