Selasa, 17 Maret 2015

Tips Mengatasi Sembelit


                Melihat orang lain lancar buang air besar setiap hari, tentu senang dan berharap tubuh yang kita miliki juga memiliki siklus pencernaan yang bagus seperti itu. Kotoran tubuh bisa dikeluarkan tanpa ada hambatan. Sembelit memang membuat gelisah dan makin stres saja. Ketika sembelit menyerang, badan pegal bahkan kepala juga pusing dibuatnya. Tak enak sama sekali.

                Lantas bagaimana? Bagi sebagian orang,melakukan detoksifikasi dengan meminum ramuan, obat, atau herbal tertentu sangat membantu. Beberapa kali mengkonsumsinya, buang air besar jadi lancar. Namun, bagi sebagian orang tidak berpengaruh sama sekali kecuali memang harus mengubah pola hidup sehat dalam kesehariannya.

            Berikut tips sederhana, namun butuh komitmen dan kekonsistenan untuk melakukannya agar sembelit tak menyerang.

1.       Pola makan
Salah satunya dengan menggunakan pola makan sehat ala food combaining. Ketika bangun tidur pagi, saat mulut belum kemasukan apapun, segera siapkan air hangat berisi perasan air jeruk nipis. Lanjutkan ketika waktu biasa Anda sarapan dengan menyantap buah berserat dan cukup kandungan airnya minimal 3 jenis buah. Pisang tidak termasuk di sini karena pisang mengandung zat pati. Sebisa mungkin pagi sampai jelang makan siang tidak mengkonsumsi nasi. Cukup buah. Kalau mau pisang,silakan disantap jelang makan siang. Kapan makan nasi? Manfaatkan makan siang dan makan malam dengan dilengkapi sayur bergizi (mentah atau melalui proses pemanasan yang tidak lama) serta lauk yang kaya  protein nabati. Oh ya tak harus nasi ya. Bisa juga makanan lain sumber karbohidrat yang cukup.
Tak lupa minum air putih yang cukup. Dalam piramida makanan, kebutuhan air putih adalah kebutuhan terbesar tubuh kita. Jangan sampai Anda melupakannya. Termasuk anak Anda, ketika usia 2 tahun, air putih adalah kebutuhan utama.

2.       Olahraga
Aha! Ini yang biasanya terlewat dari agenda rutin harian kita. Padahal ini penting untuk kesehatan tubuh. Badan yang terbiasa olahraga akan mudah buang air besar karena gerak peristaltic ususnya bekerja dengan baik. 30 menit saja setiap hari.

3.       Hilangkan stres
Seorang bapak pernah bercerita bahwa pola makan yang sehat sudah dijalaninya selama ini. Olahraga juga, namun dia tetap saja sembelit. Apa pasalnya? Ternyata si bapak mudah sekali stres. Ketika tubuh stres, memang akhirnya anggota tubuh tidak bekerja sebagaimana juknisnya. Tertekan, dan biasanya jika stres menyerang, yang muncul adalah pikiran negatif. Kalau sudah negatif, mau apa saja juga bisa gagal, termasuk buang air besar.

Relaksasi sebentar akan bisa membantu Anda. Ajak ngobrol anggota tubuh Anda, ucapkan terimakasih karena selama ini menjalankan tugasnya dengan baik, dan bersyukurlah kepada Sang Maha Pencipta. Ambil nafas dan keluarkan dengan teratur, maka aliran positif akan menjalar di seluruh tubuh Anda.


Sembelit memang menyiksa. Anda tak bisa melakukan pekerjaan Anda dengan lincah dan lancar karena banyak gangguan yang terjadi ketika sembelit datang. Cek pola hidup Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar