”Ayo dikocok botolnya?”seru Mimin kepada Samir,
teman sekelasnya yang sengaja dipilih Bu Dela untuk menjadi pengocok.
”Iya, ya, sabar!”Samir berkata sambil mengocok
botol berisi angka 0 sampai dengan 9.
”Berapa angka yang keluar, Samir?”tanya Bu Dela.
”7, Bu!”
”Terus diapakan Bu angkanya?”tanya Mimin.
”Oke, dengarkan penjelasan ibu ya!”Bu Dela
berkata.
Bagaimana memainkannya? Ada banyak permainan yang
bisa disajikan dengan media ini, tapi kesempatan kali ini hanya akan dikupas 2
permainan saja.
Jatuh dan Pasang
Permainan ini sebagian telah diilustrasikan di
awal tulisan ”Fun Number Games” yang
dilakukan Samir dan Mimin. Berikut cara lengkap bagaimana memainkan permainan
”Jatuh dan Pasang” ini:
1. Permainan dilakukan secara klasikal dengan
memilih 1 siswa sebagai pengocok.
2. Setiap siswa termasuk pengocok menuliskan
di kertas/bukunya masing-masing gambar seperti berikut sebanyak 8 buah:
3. Pengocok mengocok botol dan menjatuhkan 1
buah tulisan angka, lalu menyebutkan dengan keras angkanya. Misalkan yang jatuh
adalah bilangan 7 (seperti dialog Samir, Mimin, dan Bu Dela).
4. Tiap siswa memasang/menuliskan angka
tersebut pada gambar poin 2 ke salah satu bagian (terserah yang mana).
5. Pengocok mengocok botol dan menjatuhkan 1
angka lagi, dan proses berjalan seperti sebelumnya, hingga semua bagian akan
terpasang angka. Misalkan angka yang jatuh berikutnya adalah 4, 9, 6, dan 2.
6. Siswa akan mendapat poin 1 jika ketika
semua angka dipasangkan/dituliskan dalam gambar poin 2 merupakan bilangan
terbesar yang memang bisa terbentuk dari ke-5 angka tersebut. Jadi, dari contoh
angka yang tadi jatuh, mestinya bilangan terbesar yang bisa terbentuk adalah 97.642.
Nah, siswa yang benar memasangkan hingga membentuk bilangan ini mendapatkan 1
poin.
7. Permainan berlanjut ke gambar serupa
selanjutnya hingga selesai. Siswa yang mendapatkan poin terbanyak menjadi
pemenang.
Permainan ”Jatuh dan Pasang” menstimulus dan
menumbuhkan kemampuan siswa untuk menyusun strategi sehingga tidak salah dalam
menempatkan angka. Selain kemampuan tentang konsep ”lebih dari” dan ”kurang
dari” diasah disini, permainan ini juga melatih siswa tentang konsep nilai
tempat. Jika ingin benar jawabannya maka siswa akan menempatkan angka yang
besar bukan pada tempat satuan, melainkan puluh ribuan. Bagaimana dengan angka
5 atau 6 atau yang sifatnya pilihan (tentang tempatnya setelah dipasang)? Nah,
itulah kelebihan permainan ini. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan
meprediksi dan memutuskan dengan yakin dan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar