Bisnis Anda pernah bangkrut di tengah jalan padahal baru seumur
jagung? Atau mau buka bisnis, tapi bingung apa yang mau dilakukan? Mau maju
ragu, mau mundur tapi ingin mencoba. O, o, nampaknya Anda perlu memperhatikan
hal yang satu ini. Business Plan!
Bisa jadi bisnis bangkrut karena awalnya sang pelaku tak membuat Business Plan.
Beginilah jika bangkrut. Tidak mau, bukan? |
Ini bukan sekedar rencana lho! Tapi ini benar-benar rencana
matang untuk bisnis/usaha Anda. Bukan sekedar modal nekat saja,asal jalan.
Tidak, bisnis sangat butuh perencanaan yang matang dari banyak hal. Business Plan harus dijalankan, Agar
bisnis langgeng dan kata “gulung tikar” tak sempat mampir menimpa bisnis Anda.
Bagaimanapun, bisnis itu penuh tantangan, tentu akan banyak aralnya. Dan hal
ini bisa disiasati dan diminimalisir dengan Business
Plan.
Ujung tombak bisnis Anda:Business Plan |
Veronica Ratna Ningrum, sang konsultan marketing juga menegaskan
betapa pentingnya Business Plan.
Berikut ini beberapa tips dalam membuat Business
Plan:
·
Analisa tipe klien dan kesesuaian produk bagi mereka
Produk yang dibuat
dalam bisnis jika sesuai dengan tipe klien tentu akan mempermudah sang pebisnis
untuk menentukan strategi pemasaran. Misalnya saja Indscript Creative. Agensi
naskah ini meskipun lembaga yang produknya berupa jasa, namun pandai betul
mencermati tipe kliennya. Banyak di antara ibu-ibu yang menjadi penulis tidak
tahu kemana naskahnya akan dikirim. Maka, hadirnya lembaga yang digawangi
Indari Mastuti ini bisa menjembatani penulis dengan penerbit. Pas, bukan? Atau
dengan peran Indscript Creative sebagai Personal Branding Agency rupanya juga
sangat sesuai dengan kebutuhan orang untuk bisa lebih mempromosikan kelebihan
dirinya sebagai bagian dari cara mereka untuk bermanfaat kepada orang lain.
·
Perhatikan sungguh-sungguh kompetitor bisnis
Bisnis tentu saja
memiliki pesaing. Jika tak ada pesaing, bukan bisnis namanya. Sekalipun bisnis
itu unik dan baru ada pertama kalinya, lambat laun akan mempunyai pesaing juga.
Maka, business plan bisa digunakan
untuk meraba-raba apa kelebihan dan kekurangan
kompetitor sehingga Anda bisa menyiapkan strategi yang lebih lagi untuk
mengunggulinya, baik dari segi layanan, pemasaran, dsb. Daycare di Depok ada banyak sekali, namun yang menjadi keunggulan daycare yang saya kelola adalah
tempatnya yang strategis dan pengasuh yang ramah serta sayang anak. Terkadang
masalah pemberian nama produk saja juga bisa menjadi nilai jual yang luar biasa
berpengaruh. Anda menjual martabak dengan nama “Martabak Telur Enak” dengan
Anda menjualnya dengan nama “Martha Bucks” tentu akan beda sensasinya. Konsumen
cenderung ingin mampir ke warung martabak yang kedua.
·
Kejelasan bisnis
Jelaskan semuanya!
Mulai dari lokasi, sektor yang digarap, bentuk produk dan layanan, segmentasi
pasar, analisa laba rugi, analisa kembali modal, manajemen, dan strategi
marketing yang dikembangkan.
·
Kerjakan dan buat Business
Plan dengan rapi dan professional
Membuatnya bisa
dengan bantuan seorang konsultan marketing yang handal. Business Plan yang dibuat haruslah rapi, lengkap, jelas parameter
dan indikatornya, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Ini sebagai penentu dan
modal awal kesuksesan bisnis Anda.
·
Sumber modal
Membincangkan modal memang krusial dalam sebuah bisnis.
Hitung-hitungannya pasti akan menyita perhatian pelaku bisnisnya. Sumber modal
bisa dari mana saja. Namun, yang terpenting adalah bagaimana analisa untung
ruginya. Konsultasikan dengan konsultan marketing mengenail sumber modal yang
tepat bagi bisnis Anda. Adanya unsur timbal balik juga perlu dipertimbangkan
sehingga ada simbiosis mutualisme antara pebisnis dengan penyedia modal.
·
Alternatif Business Plan
Terkadang satu Business Plan yang dibuat menuai
hambatan, maka sebagai seorang pebisnis dibantu seorang konsultan marketing
dituntut untuk membuat alternatif Business
Plan selanjutnya. Bagaimanapun bisnis harus tetap berjalan meski banyak
rintangan. Alternatif Business Plan
ini hanya sebagai antisipasi jika perencanaan awal gagal. Sedia payung sebelum
hujan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar