Minggu, 26 Mei 2013

Business Plan: Ujung Tombak Bisnis

Bisnis Anda pernah bangkrut di tengah jalan padahal baru seumur jagung? Atau mau buka bisnis, tapi bingung apa yang mau dilakukan? Mau maju ragu, mau mundur tapi ingin mencoba. O, o, nampaknya Anda perlu memperhatikan hal yang satu ini. Business Plan! Bisa jadi bisnis bangkrut karena awalnya sang pelaku tak membuat Business Plan.
Beginilah jika bangkrut. Tidak mau, bukan?

Ini bukan sekedar rencana lho! Tapi ini benar-benar rencana matang untuk bisnis/usaha Anda. Bukan sekedar modal nekat saja,asal jalan. Tidak, bisnis sangat butuh perencanaan yang matang dari banyak hal. Business Plan harus dijalankan, Agar bisnis langgeng dan kata “gulung tikar” tak sempat mampir menimpa bisnis Anda. Bagaimanapun, bisnis itu penuh tantangan, tentu akan banyak aralnya. Dan hal ini bisa disiasati dan diminimalisir dengan Business Plan.
Ujung tombak bisnis Anda:Business Plan

Veronica Ratna Ningrum, sang konsultan marketing juga menegaskan betapa pentingnya Business Plan. Berikut ini beberapa tips dalam membuat Business Plan:
·         Analisa tipe klien dan kesesuaian produk bagi mereka
Produk yang dibuat dalam bisnis jika sesuai dengan tipe klien tentu akan mempermudah sang pebisnis untuk menentukan strategi pemasaran. Misalnya saja Indscript Creative. Agensi naskah ini meskipun lembaga yang produknya berupa jasa, namun pandai betul mencermati tipe kliennya. Banyak di antara ibu-ibu yang menjadi penulis tidak tahu kemana naskahnya akan dikirim. Maka, hadirnya lembaga yang digawangi Indari Mastuti ini bisa menjembatani penulis dengan penerbit. Pas, bukan? Atau dengan peran Indscript Creative sebagai Personal Branding Agency rupanya juga sangat sesuai dengan kebutuhan orang untuk bisa lebih mempromosikan kelebihan dirinya sebagai bagian dari cara mereka untuk bermanfaat kepada orang lain.
·         Perhatikan sungguh-sungguh kompetitor bisnis
Bisnis tentu saja memiliki pesaing. Jika tak ada pesaing, bukan bisnis namanya. Sekalipun bisnis itu unik dan baru ada pertama kalinya, lambat laun akan mempunyai pesaing juga. Maka, business plan bisa digunakan untuk meraba-raba apa kelebihan dan  kekurangan kompetitor sehingga Anda bisa menyiapkan strategi yang lebih lagi untuk mengunggulinya, baik dari segi layanan, pemasaran, dsb. Daycare di Depok ada banyak sekali, namun yang menjadi keunggulan daycare yang saya kelola adalah tempatnya yang strategis dan pengasuh yang ramah serta sayang anak. Terkadang masalah pemberian nama produk saja juga bisa menjadi nilai jual yang luar biasa berpengaruh. Anda menjual martabak dengan nama “Martabak Telur Enak” dengan Anda menjualnya dengan nama “Martha Bucks” tentu akan beda sensasinya. Konsumen cenderung ingin mampir ke warung martabak yang kedua.
·         Kejelasan bisnis
Jelaskan semuanya! Mulai dari lokasi, sektor yang digarap, bentuk produk dan layanan, segmentasi pasar, analisa laba rugi, analisa kembali modal, manajemen, dan strategi marketing yang dikembangkan.
·         Kerjakan dan buat Business Plan dengan rapi dan professional
Membuatnya bisa dengan bantuan seorang konsultan marketing yang handal. Business Plan yang dibuat haruslah rapi, lengkap, jelas parameter dan indikatornya, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Ini sebagai penentu dan modal awal kesuksesan bisnis Anda.
·         Sumber modal
Membincangkan modal memang krusial dalam sebuah bisnis. Hitung-hitungannya pasti akan menyita perhatian pelaku bisnisnya. Sumber modal bisa dari mana saja. Namun, yang terpenting adalah bagaimana analisa untung ruginya. Konsultasikan dengan konsultan marketing mengenail sumber modal yang tepat bagi bisnis Anda. Adanya unsur timbal balik juga perlu dipertimbangkan sehingga ada simbiosis mutualisme antara pebisnis dengan penyedia modal.
·         Alternatif Business Plan

Terkadang satu Business Plan yang dibuat menuai hambatan, maka sebagai seorang pebisnis dibantu seorang konsultan marketing dituntut untuk membuat alternatif Business Plan selanjutnya. Bagaimanapun bisnis harus tetap berjalan meski banyak rintangan. Alternatif Business Plan ini hanya sebagai antisipasi jika perencanaan awal gagal. Sedia payung sebelum hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar