Minggu, 05 Mei 2013

Siapakah Pelanggan Utama Anda?


Tahun 2011 akhir saya memulai bisnis yaitu berupa daycare. Hidup di kota besar seperti Depok yang padat penduduk dan pendatang baru dari daerah membuat saya berpikir bahwa ini merupakan peluang untuk berbisnis daycare.Pasalnya, pendatang baru ini sebagian besar adalah pasangan muda yang baru menikah dan punya anak masih balita. Jauhnya mereka dari keluarga juga semakin memperkuat saya untuk mendirikan daycare karena mereka pasti membutuhkan jasa pengasuh untuk anaknya sedangkan dari pihak keluarga tak ada yang bisa membantunya, kecuali hanya insidental saja.
Ibu-ibu muda sebagai pelanggan utama daycare

Ya, memahami karakteristik pelanggan utama adalah salah satu syarat kesuksesan sebuah bisnis. Demikian yang dikatakan oleh Veronica Ratna Ningrum. Veronica adalah seorang Woman Marketer yang telah sukses menangani berbagai program marketing bagi sejumlah lembaga perbankan, baik bank nasional maupun bank asing.

Veronica yang juga CEO dari PT Masterindo Multiguna yang bergerak di bidang konsultan marketing ini, mengatakan lebih lanjut, “Memahami karakteristik pelanggan ini sangat penting, sebab tanpa itu, kita tidak mungkin dapat menentukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi mereka.”
Menurut Veronica, ada sejumlah karakteristik pelanggan utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni:
·         Informasi dasar tentang pelanggan: siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Milikilah database pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka. Kontak mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
·         Bidang atau bisnis yang mereka jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka.Contohnya saja apa yang sudah dilakukan Indscript Creative sebagai agensi naskah dan Personal BrandingAgency. Sebagai agensi naskah, Indscript Creative tahu bahwa klien mereka adalah ibu-ibu penulis dan penerbit, maka agar banyak penulis yang mengirimkan naskahnya ke mereka, Indscript Creative memberikan layanan pelatihan online kepenulisan dan menyalurkan naskah ke penerbit.
·         Hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
·         Problem yang mereka hadapi. Setiap pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.
Bagi Veronica, memahami siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan konsumen sebagai raja. Lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Manajemen yang meneruskan ilmu hingga ke Illinois-AS ini, senantiasa menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan konsumen dan memberikan layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar