Selasa, 07 Mei 2013

Meditasi Jalan Meraih Cinta dan Kebahagiaan


Hidup rasanya hambar dan hampa jika tak ada rasa cinta dan bahagia. Dua rasa ini pula yang selalu diminta manusia. Memang tak ada orang yang ingin hidupnya pengap, tak ada cahaya cinta dan bahagia. Kesedihan hanya menambah luka. Namun, beban hidup semakin tak terelakkan malah membuat cinta dan bahagia menjauh sedikit demi sedikit. Yang ada hanya rutinitas belaka seperti kemacetan, keluarga yang makin tak peduli, kerjaan yang tak meluangkan waktu untuk istirahat. Gelap, bagai malam tanpa lampu menyala. Cinta dan bahagia tentu saja akhirnya menjadi sesuatu yang sangat didamba.
"Kita sebenarnya bisa menghapus beban tersebut, dengan cara mengakui dan menerima bahwa hati dan pikiran kita memang sedang dalam kondisi kalut. Stres, merasa kehilangan cinta, dan tidak mampu merasakan kebahagiaan, sebenarnya adalah sinyal dari tubuh untuk memberitahu kita, bahwa ada hal yang harus kita bersihkan. Bisa dari pikiran, bisa pula dari hati. Karena itu, dengarkanlah sinyal tersebut. Sisihkan waktu untuk sejenak memberi kesempatan pada diri sendiri guna menerima segala kabar yang disampaikan oleh tubuh kita, "ujar Adjie.
Maka, jika kini Anda sedang kalut, mari diam sejenak hingga tenang, lalu terimalah keadaan Anda apa adanya! Ini kunjinya agar kemelut bisa segera hilang tanpa membebani lagi, agar pikiran bisa segera menemukan solusi. Ibarat sungai tersumbat sampah, maka ketika sampahnya dikeruk, airnya pun kembali mengalir dengan lancar. Menerima setiap hal baik atau buruk dalam hidup sebagai jalan untuk menghilangkan sumbatan.
Teknik meditasi bisa membantu Anda melakukan penerimaan hal baik dan buruk, apa pun itu. Secara ilmiah, teknik meditasi terbukti membantu meningkatkan aktivitas otak yang mengarah pada munculnya perasaan sayang dan kesadaran diri, serta mengurangi laju aktivitas bagian otak yang berhubungan dengan munculnya rasa stres; seperti yang dilansir oleh tim peneliti dari Massachussets General Hospital. Sebanyak 16 partisipan diminta melakukan meditasi selama delapan minggu, dan kemudian direkam aktivitas otaknya. Dari data ini juga nampak bahwa meditasi bisa dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya untuk golongan agama tertentu.
IndscriptCreative sebagai Personal Branding Agency-nya Adjie Silarus tentunya tak akan pernah berhenti menyuarakan tentang teknik meditasi ini. Gampang, sederhana, dan memerlukan waktu yang cukup singkat.
"Kita tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengembalikan kesadaran terhadap makna penerimaan diri. Cukup sisihkan waktu barang satu menit, atur posisi duduk Anda, tegakkan posisi punggung, dan mulailah mengatur pernapasan. Lepaskan keinginan untuk melawan, dan biarkan tubuh serta pikiran Anda rileks sejenak. Inilah yang disebut Meditasi , yakni sebuah cara untuk membantu kita menyadari dan menerima diri sendiri apa adanya, "ujar Adjie.

Meditasi 


Jika sudah demikian, tak ada alasan cinta dan kebahagiaan entah ke mana pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar