Merah, kuning, hijau, di langit yang biru …(lagu pelangi-pelangi)
Ini bukan mau bernyanyi lho, tapi
ini mau mengingatkan bahwa adanya warna dalam kehidupan itu memang bisa memberi
warna. Khususnya dalam bisnis, warna rupanya tak bisa disepelekan dalam hal
kemasan produk.
Mengapa? Karena warna turut
mempengaruhi perilaku konsumen. Pernah datang ke restoran yang dindingnya
didekorasi dengan warna kuning? Ternyata, warna ini bisa menumbuhkan selera
makan. Sedangkan warna biru dan hijau biasanya identik dengan makanan yang
sehat atau berbahan baku organik. Kehadiran warna dalam design produk mampu menghadirkan
emosional sang konsumen.
Masih ada hal lain yang turut
serta mempengaruhi perilaku konsumen dalam menilai produk. Veronica RatnaNingrum mengatakan paling tidak masih ada 3 lagi. Dan ketiga hal ini termasuk
warna tadi semestinya juga menjadi unsur yang harus dipertimbangkan pelaku
bisnis dalam mempersiapkan produknya. Apa sajakah?
·
Desain
Misalkan saja sarung khusus anak-anak. Mana yang akan
dipilih anak agar percaya diri untuk dipakai, sarung yang ada motifnya
bergambar mobil atau sarung yang bergaris-garis? Yang pemakaiannya seperti
sarung orang dewasa atau yang sudah tinggal pakai saja karena ada tali
pengikatnya/pengencang bagian perutnya?
·
Logo
Jelaslah adanya logo akan mengendapkan ingatan tentang
produk yang dimaksud. Biasanya yang mudah diingat itu adalah logo yang
sederhana dan tidak terlalu rumit. Logo es krim walls,contohnya. Nggak neko-neko, alias biasa, tapi maknanya
yang luar biasa. Dan ternyata es krim ini jadi favorit di semua kalangan. Atau
logo sepatu “nike”, gampang sekali untuk diingat dan dikenali. Hal ini jadi
mindset tersendiri.
·
Bahan
Tak kalah pentingnya soal bahan produk yang dipasarkan. Botol
minum anak-anak dari plastik akan cenderung dibeli orang tua untuk anaknya
dibandingkan dengan botol minum yang terbuat dari kaca. Khawatir pecah dan
tidak awet tentunya.
“Itulah dampak dari cara penyajian sebuah produk. Konsumen
menilai layak tidaknya harga dan kualitas sebuah produk dari kemasannya.
Menyiapkan kemasan sebuah produk, perlu direncanakan dengan teliti. Sebab ini
menyangkut tentang bagaimana Anda bisa memenangkan perhatian konsumen dan
melekatkan image produk Anda dalam benak mereka, ujar Veronica,
konsultan marketing yang namanya semakin booming.
Indscript Creative sebagai Personal Branding Agency tak salah mengangkat sang
woman marketer ini di dunia bisnis yang semakin berkembang dari hari ke hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar