Jumat, 31 Mei 2013

Bahkan Warna pun Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Merah, kuning, hijau, di langit yang biru …(lagu pelangi-pelangi)

Ini bukan mau bernyanyi lho, tapi ini mau mengingatkan bahwa adanya warna dalam kehidupan itu memang bisa memberi warna. Khususnya dalam bisnis, warna rupanya tak bisa disepelekan dalam hal kemasan produk.
Mengapa? Karena warna turut mempengaruhi perilaku konsumen. Pernah datang ke restoran yang dindingnya didekorasi dengan warna kuning? Ternyata, warna ini bisa menumbuhkan selera makan. Sedangkan warna biru dan hijau biasanya identik dengan makanan yang sehat atau berbahan baku organik. Kehadiran warna dalam design produk mampu menghadirkan emosional sang konsumen.
Masih ada hal lain yang turut serta mempengaruhi perilaku konsumen dalam menilai produk. Veronica RatnaNingrum mengatakan paling tidak masih ada 3 lagi. Dan ketiga hal ini termasuk warna tadi semestinya juga menjadi unsur yang harus dipertimbangkan pelaku bisnis dalam mempersiapkan produknya. Apa sajakah?
·         Desain
Misalkan saja sarung khusus anak-anak. Mana yang akan dipilih anak agar percaya diri untuk dipakai, sarung yang ada motifnya bergambar mobil atau sarung yang bergaris-garis? Yang pemakaiannya seperti sarung orang dewasa atau yang sudah tinggal pakai saja karena ada tali pengikatnya/pengencang bagian perutnya?
·         Logo
Jelaslah adanya logo akan mengendapkan ingatan tentang produk yang dimaksud. Biasanya yang mudah diingat itu adalah logo yang sederhana dan tidak terlalu rumit. Logo es krim walls,contohnya. Nggak neko-neko, alias biasa, tapi maknanya yang luar biasa. Dan ternyata es krim ini jadi favorit di semua kalangan. Atau logo sepatu “nike”, gampang sekali untuk diingat dan dikenali. Hal ini jadi mindset tersendiri.


·         Bahan
Tak kalah pentingnya soal bahan produk yang dipasarkan. Botol minum anak-anak dari plastik akan cenderung dibeli orang tua untuk anaknya dibandingkan dengan botol minum yang terbuat dari kaca. Khawatir pecah dan tidak awet tentunya.

“Itulah dampak dari cara penyajian sebuah produk. Konsumen menilai layak tidaknya harga dan kualitas sebuah produk dari kemasannya. Menyiapkan kemasan sebuah produk, perlu direncanakan dengan teliti. Sebab ini menyangkut tentang bagaimana Anda bisa memenangkan perhatian konsumen dan melekatkan image produk Anda dalam benak mereka, ujar Veronica, konsultan marketing yang namanya semakin booming. Indscript Creative sebagai Personal Branding Agency tak salah mengangkat sang woman marketer ini di dunia bisnis yang semakin berkembang dari hari ke hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar