Minggu, 10 Februari 2013

Gaya Hidup 2013:Meditasi

Ayo, siapa yang tahu makna meditasi? Duduk bersila, menenangkan diri dengan latihan pernafasan yang luar biasa, bisakah mewakili maknanya? Definisi ini benar, secara fisiknya. Bahkan sebagian orang juga mendefinisikan meditasi terkait dengan peribadatan agama tertentu. Namun, makna meditasi sebenarnya bisa sangat luas, bisa dilakukan siapa pun, di mana pun tanpa harus dihubungkan dengan hal-hal seperti yang sudah tersebut di awal tulisan ini. 
Mengapa? Karena meditasi sekarang sudah digemari berbagai orang, berbagai kedudukan atau status sosial yang melekat padanya, sebagai sarana untuk mengusir stres. Bahkan, ada kebanggaan tersendiri jika seseorang melakukan aktivitas ini. Meditasi menjadi gaya hidup zaman modern sekarang ini.
Apa hebatnya meditasi sampai-sampai orang menjadikannya gaya hidup? Tak lain tak bukan karena meditasi sebagai pembuka jalan kesuksesan di masa mendatang meski buram meliputi masa lalu. Meditasi sebagai motivator sehingga orang yang dulunya kalah menjadi menang dan yang dulunya menang menjadi semakin cemerlang. Demikian seperti yang diungkapkan Jon Kabat-Zinn.
Bagaimana cara kerja meditasi? Sederhana! Intinya mengendalikan aliran pikiran manusia yang melakukannya. Kehidupan yang cepat bergulir, waktu yang cepat berjalan sering kali membuat manusia bergerak dengan irama yang sama, yaitu terburu-buru sebanding dengan kecepatan kehidupan tersebut. Manusia seolah sibuk. Nah, meditasi bisa mengendalikan otak manusia mencapai ketenangan sehingga manusia sanggup pula menjalani hidup ini dengan tenang pula.
Tenang. Siapa yang tak ingin tenang? Semua manusia menginginkannya. Dan ternyata meditasi yang aktivitas utamanya adalah dengan latihan pernafasan mampu membuahkan ketenangan tersebut. Dengan bernafas lembut dan tenang akan menjadikan pikiran mengikuti pola bernafasnya.Gelombang otak delta saat meditasi jauh lebih tenang dibandingkan dengan gelombang otak ketika badan terjaga.
Meditasi tak lagi identik dengan sesajen yang difungsikan untuk mengusir jin. Meditasi juga tak perlu lama-lama duduk bersila sampai pikiran melayang entah ke mana. Meditasi bisa dilakukan dengan penuh kesadaran. Konsentrasi dan fokus dengan apa yang dilakukannya. Hal inilah yang malah bisa membuat segala aktivitas bisa berjalan dengan tenang hingga akhirnya menuai kesuksesan. Mulailah dari hal yang sederhana sehari-harinya. Misalnya ketika minum air putih. Nikmati dengan penuh kesadaran dan fokus bahwa Anda sedang minum air putih, maka kesegaran benar-benar akan Anda rasakan. Menulis juga bisa dijadikan sarana meditasi, jika Anda melakukannya dengan tanpa tekanan, sadar, dan fokus dengan apa yang Anda tulis. Mengalir dengan energi kesadaran penuh, maka akan Anda rasakan bahwa tulisan Anda akan enak dibaca.
Adjie Silarus, seorang pakar meditasi yang mencapai titik puncak gelombang otak delta, pernah mengalaminya. Hidupnya pernah kacau balau, bahkan kelemahan fisik juga pernah dideritanya. Namun, Adjie silarus bisa mengubah keadaan menjadi sebaliknya dengan meditasi sebagai terapi. Saya dan Anda semua bisa seperti Adjie Silarus. 
Bersama Indscript Creative melalui Personal Branding Agency nya, Adjie Silarus juga mengajak kita semua untuk melakukan meditasi ini sebagai gaya hidup. Mari pejamkan mata, atur pernafasan kita, dan rasakan bahwa pikiran yang tenang mengendalikan diri kita. Ayo meditasi!


Personal Branding Agency, Indscript Creative
Manajemen Adjie Silarus 268ED6C1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar