Sabtu, 23 Februari 2013

Silakan Piliih!

Tetap dengan menggunakan bilangan 0 sampai dengan 9 yang terbuat dari kertas kardus aqua bekas dan botol air mineral bekas, kali ini siswa akan diajak bermain dengan permainan ”Silakan Pilih”. Ikuti aturan mainnya sebagai berikut:
1.      Permainan dilakukan secara klasikal dengan seorang siswa sebagai pengocok, namun dia juga tetap ikut bermain.
2.      Pengocok mengocok botol dan mengeluarkan 2 bilangan lalu menyebutkannya dengan keras sehingga semua siswa mendengarnya, misalkan bilangan yang keluar 2 dan 5.
3.      Tiap siswa diminta mengalikan 2 bilangan yang keluar tersebut lalu menuliskan hasilnya di kertas/buku.
4.      Botol dikocok lagi dan dikeluarkan lagi 2 bilangan (bilangan yang sebelumnya sudah keluar dimasukkan ke dalam botol lagi), misalkan 5 dan 7.
5.      Tiap siswa mengalikan 2 bilangan yang keluar pada kocokan kedua dan menuliskan hasilnya di bawah hasil perkalian 2 bilangan sebelumnya. Berdasarkan contoh maka hasilnya seperti ini:
10
35
6.      Selanjutnya, tiap siswa silakan memilih operasi hitung apa yang akan digunakan untuk 2 bilangan hasil perkalian tersebut, apakah mau dijumlah atau dikurangkan. Dari contoh, maka jika dipilih penjumlahan hasilnya 45 dan jika dipilih pengurangan hasilnya -25.
7.      Botol dikocok lagi hingga keluar 2 bilangan lagi (bilangan sebelumnya dimasukkan lagi), misalkan 3 dan 9. Lalu dikalikan (hasilnya 27), selanjutnya siswa silakan memilih untuk menjumlahkan atau mengurangkan hasil operasi sebelumnya yang dipilih (45 atau -25) dengan hasil perkalian yang baru (yaitu 27).
8.      Demikian seterusnya sampai sebanyak 10 kocokan.
9.      Siswa yang menang adalah siswa yang hasil akhir dari semua prosesnya mencapai bilangan 120 (atau sesuai kesepakatan kelas).
Seru, ya? Hanya dengan bermodalkan botol dan kertas air mineral bekas bisa menjadikan siswa terlatih kemampuannya tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat serta perkalian. Tentu saja ketika permainan ini sering dilakukan baik klasikal, kelompok, atau berpasangan dengan menggunakan waktu di luar waktu pelajaran akan mempercepat siswa hafal hasil perkalian dan memperlancar siswa dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Siswa juga ditantang dalam permainan ini untuk berani memutuskan operasi hitung yang akan dipilihkan sehingga di akhir permainan bisa mencapai hasil yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar