Rabu, 27 Agustus 2014

Atur Jadwal Menulis dan Membaca dengan Metrik!


                Menulis bagi ibu rumah tangga itu gampang-gampang susah. Kala jadwal mengurus anak dan pekerjaan lainnya padat, kegiatan menulis akhirnya terbengkalai. Padahal, ingin sekali menulis. Terkadang, unsur malas atau lelah juga salah satu penyebabnya. Akibatnya, fokus untuk terus berlatih menulis menjadi terhenti.

                Nah, sekarang tidak lagi! Menulis bisa setiap hari. Menulis bisa dengan senang hati. Ada metrik penulisan yang akan menuntun mengaktifkan jari untuk meramu kata-kata lagi. Metrik ini bisa dipakai oleh siapa saja, tidak hanya bagi ibu rumah tangga saja.

                Bagaimana metrik ini bekerja? Metrik penulisan mengajak penulis untuk memetakan kegiatan menulisnya ini selama sebulan. Penulis diajak memasang target tentang kegiatan menulisnya dalam sebulan itu. Misalkan dalam sebulan ingin merampungkan sebuah naskah buku sebanyak 120 halaman, maka 120 halaman itu hendaknya bisa dibagi beberapa halaman dalam setiap harinya. Jika mau dibuat rata, maka setiap hari penulis harus menulis 4 halaman saja. Tempelkan metrik yang sudah diisi target hariannya di dinding atau tempat mana saja yang mudah dilihat.

                Semakin sering dilihat, maka menulis akan semakin semangat. Tak hanya menulis buku, menulis apa saja bisa menggunakan metrik penulisan ini. Sebelum diluncurkan produknya, Indari Mastuti sudah mengujicobakannya pada beberapa pelatihan dan membawa hasil yang bagus. Metrik ini mengajak penulis jadi lebih fokus, konsisten, dan komitmen untuk tidak berhenti menulis.

                Bagusnya lagi, metrik penulisan ini bisa dipakai berkali-kali lho! Didesain seperti whiteboard, maka setelah ditulisi, metrik ini bisa dihapus kembali, lalu ditulisi lagi. Jadi, tak perlu beli berkali-kali.

                Ajaibnya, metrik penulisan ini juga otomatis mengajak penulisnya jadi keranjingan membaca. Menulis dan membaca bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Jadi, jangan kaget jika menggunakan metrik ini, penulis bisa melahap beberapa buku/bacaan setiap bulannya.


                Mau menulis dan membaca dengan komitmen tinggi, pakai metrik ini. Tinggal isi target hariannya, tempel, dan lihat hasil nyatanya!

1 komentar:

  1. menulis jadi lebih terarahkan ya, tetapi tetap balik ke perorangannya mau istiqomah atau tidak ya

    BalasHapus