Selasa, 05 Agustus 2014

Cerdas Memilih ISP Tepat, Internet Cepat

Sudianto Oei

                Gregetan kalau lagi asyik berinternet tiba-tiba jaringan lemot? Ngelus dada pas bersenang ria dengan internet tiba-tiba kuota habis? Anda pun lantas berkata,”Yah!”

                Begitulah, sering dijumpai peristiwa tersebut terjadi di sekitar kita. Melakukan hal asyik dan menarik di internet menjadi tak menyenangkan lagi. Apalagi jika sudah dikejar deadline, yang ada si pengguna ngomel-ngomel karena kecewa berat.

                Kesalahan bukan 100% pada Internet Service Provider (ISP) nya. Namun, pengguna internet sendiri yang sangat mungkin belum tepat memilih ISP. Ada banyak ISP di Indonesia yang melayani puluhan juta pengguna internet.  Ada yang menggunakan jaringan fiber optic, ada pula yang cukup memakai wireless (internet tanpa kabel). Macam-macam. Nah, pengguna internet semaksimal mungkin harus mempunyai cukup pengetahuan tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing ISP.

                Tips cerdas memilih ISP, menurut Sudianto Oei, dari ISP Hypernet , diantaranya adalah bagaimana pengguna internet mengetahui sejauh mana faktor lokasi berpengaruh pada kecepatan internet. Logikanya, semakin jauh lokasinya dengan lokasi pengguna internet, maka aksesnya tidak semakin cepat. Ada baiknya, sebelum memilih ISP, pengguna internet melakukan survey, ISP apakah yang paling banyak digunakan sesamanya di sekitar lokasinya. Referensi testimony pelanggan lain sangatlah berarti. Jika ditemukan lebih dari satu ISP digunakan, maka pengguna internet pasti memilih ISP yang lebih berkualitas.

                Kualitas ISP ada pada pelayanan yang diberikan. Inti dari bisnis yang sedang berkembang ini memang ada pada hal ini. Amati dan cek, bagaimana support team yang diberikan ISP. Jika support teamnya siap siaga setiap saat, alias tidak ada jam istirahatnya, ISP ini bisa dipakai. Support team yang handal dan selalu siap akan mempercepat solusi jika ada gangguan. Pelayanan ISP juga dapat dilihat dari spesifikasi ISP nya yang mencakup kecepatan, kuota, dsb.


                Data-data seperti ini bisa menjadi panduan berharga bagi pengguna internet. Apa jadinya jika lebih dari 71 juta pengguna internet cerdas memilih ISP? Internet cepat, emosi pun terkendali dengan cepat. Ngomel sambil marah-marah segera minggat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar