Senin, 20 Oktober 2014

Jangan Sampai Salah Meja Rapatnya


                Ingat dong dengan Ical? Penguasa dari Golkar yang mempunyai perusahaan Bakrie Group? Beberapa tahun terakhir ini, Ical makin tak eksis namanya di daftar orang terkaya di dunia maupun di Indonesia. Namanya terdepak perlahan-lahan. Dikabarkan bisnis keluarga Ical ini mengalami penurunan bahkan dirundung kebangkrutan. Utang anak usahanya menumpuk dan membuat Ical kelabakan.

                Bisnis keluarga memang memerlukan komitmen tinggi. Maksudnya, bagaimana seorang penguasa bisa memisahkan permasalahan bisnis dan permasalahan keluarga. Khawatirnya, pernak-pernik masalah keluarga mengganggu profesionalitas kerja. Atau sebaliknya, masalah bisnis malah menghancurkan hubungan kekeluargaan. Mulanya baik-baik saja, eh, karena kesalahpahaman sedikit merembet persoalannya ke keluarga,sampai-sampai tali silaturahmi putus. Wah, gawat kalau sampai begitu!

                HYPERNET, salah satu Internet Service Provider di Indonesia juga merupakan bisnis keluarga. Meski demikian, dari tahun ke tahun, HYPERNET justru semakin berkibar. Beberapa kali pertunjukan-pertunjukan kelas nasional menunjuknya sebagai Official Internet Partner untuk memenuhi kebutuhan jaringan dan komunikasi data. Selain itu, HYPERNET sudah meluaskan perusahaannya di berbagai kota besardi Indonesia.

             Apa rahasia sukses HYPERNET sebagai bisnis keluarga? Pembagian tugas yang jelas! HYPERNET tumbuh dan berkembang di bawah naungan Sudianto Oei dan saudaranya Sudiono. Dalam bisnis ini, Sudianto Oei memegang jabatan CEO, sedangkan Sudiono menempati posisi Direktur Bidang Penjualan. Sebisa mungkin, keduanya tidak membawa masalah HYPERNET ketika mereka berkumpul di keluarga. Urusan bisnis ya bisnis! Ketika bersama keluarga mereka, ya, dinikmati betapa enaknya berkumpul bersama.

                Gampangnya, pulang kerja sampai rumah sudah tutup buku masalah bisnis. Begitu sebaliknya. Jika ada perselisihan pendapat dalam hal lain menyangkut keluarga, ketika sampai di perusahaan, sudah, tutup buku juga. Kebiasaan ini yang senantiasa dijaga dan terus dipraktikkan Sudianto Oei dan saudaranya agar bisa fokus mengembangkan dan membesarkan HYPERNET.


                Ingin bisnis keluarga Anda sukses? Isi meja rapat perusahaan dengan masalah bisnis Anda dan isi meja rapat keluarga Anda dengan masalahnya sendiri.

1 komentar:

  1. Yang terpenting menjaga profesionalisme ya...memisahkan masalah bisnis dan keluarga

    BalasHapus