Senin, 27 Oktober 2014

Sehat Itu Mudah


                Apakah Anda pernah merasakan badan tak cukup berkompromi diajak beraktivitas? Meriang dan flu ringan saja rasanya sudah sangat mengganggu. Tidur tak nyaman, makan tak ada keinginan. Inginnya tidur-tiduran. Bagaimana yang sampai berebutan kamar di rumah sakit? Sakitnya tentu saja lebih parah menyerang badan.

                Padahal sehat itu mudah. Zeti Arina, perempuan lulusan Universitas Airlangga ini punya cara tersendiri agar tubuh tetap sehat. Mengingat Zeti sangat aktif dalam kesehariannya. Masalah pekerjaan yang cukup menyerap tenaga dan pikiran, urusan rumah tangga, dsb. Belum lagi profesinya sebagai dosen yang juga menuntutnya untuk senantiasa belajar. Lelah? Pasti. Namun ketika hal tersebut sebagai beban, maka yang terjadi adalah benar-benar lelah. Tentu saja sakit akan mudah menyerang.

                Zeti berkata,”Tips sehat saya yang pertama adalah menyenangi, mencintai pekerjaan saya!” Ketika sudah ada rasa cinta dalam jiwa terhadap aktivitas apapun yang dijalani setiap hari, yang terasa adalah kebahagiaan. Tidak ada stres. Dan kalau tidak stres, jiwa raga akan sehat. Masih banyak orang yang bingung dalam hidupnya mau mengerjakan apa, hingga stres melanda. Nah, ketika sudah dapat pekerjaannya, ya seharusnya disyukuri. Melakukannya sebagai hobi yang menyenangkan hati.

                Tips sehat berikutnya memang sewajarnya ada ruang waktu untuk melakukan olahraga. Jika tak bisa dilakukan di luar, di dalam rumah pun bisa. Sudah menjadi kebiasaan Zeti bergerak fisik justru di dalam rumah. Biar otot tak kaku dan tubuh tetap bugar. Zeti cukup bergerak melompat-lompat hingga keluar keringat.

                Dan tak kalah pentingnya adalah soal pola makan. Gampang saja, Zeti menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Bisa obesitas. Kalau sudah obesitas, tubuh mudah sekali capek. Tak jadi beraktivitas, dong!


                Zeti Arina memperhatikan kesehatan dirinya dengan cara yang sangat mudah. Bagaimana dengan Anda?

1 komentar: